Selamat Datang di Blog Tips Memelihara Hewan Peliharaan

Kelinci

Hidup Bersama Kelinci
oleh House Rabbit Society

Mengapa seekor kelinci ?

Mungkin anda baru saja mengadopsi kelinci pertama anda, atau mungkin anda telah memiliki seekor kelinci dan anda hendak mencari informasi yang lebih jauh lagi untuk membantu anda mengerti lebih baik lagi. House Rabbit Society menganjurkan anda untuk memelihara kelinci anda di dalam rumah daripada di luar rumah. Kelinci adalah hewan yang pintar dan hewan sosial yang memerlukan kasih sayang dan kelinci dapat menjadi teman yang baik jika diberi kesempatan berinteraksi dengan keluarga manusianya.

Manfaatnya spay dan neuter

Walaupun hampir semua kelinci akan menggunakan litterbox, hormon dapat menyebabkan kelinci jantan atau betina yang belum disterilisasi untuk menandakan daerah mereka. Menyesterilkan kelinci anda dapat memperbaiki habit litterbox, mengurangi prilaku menggigit-gigit.(mengunyah), mengurangi agresif teritorial dan dapat memberi kehidupan kelinci anda lebih bahagia dan hidup lebih lama. Sterilkan kelinci oleh doker hewan saat berumur 3 ½ sampai 6 bulan tergantung dari kedewasaan seksualnya. Untuk kelinci yang berumur lebih dari 2 tahun periksakan ke dokter hewan terlebih dahulu.

Housetraining

Kelinci mungkin dapat berlari bebas di rumah. Tetapi, yang terbaik untuk semua dan terpenting untuk beberapa -- dimulai dari kandang. Untuk waktu belajar di kandang, pasang kotak toiletnya pada di pojok kandang dimana kelinci memilih daerah toiletnya. Setelah ia memakai kotak toiletnya terus menerus, anda dapat melepas bebas kelinci anda. Taruhlah satu atau dua kotak toilet di pojok daerah mainnya di luar kandang. Gunakan selalu penekanan yang positif (hadiah dan pujian) – bukan hukuman.

Bunny-proofing

Bunnny-proofing rumah anda adalah bagian dari hidup bersama kelinci. Adalah sesuatu yang alami untuk seekor kelinci mengunyah furnitur, permadani, tirai dan kabel listrik yang paling mematikan sekalipun. Kabel-kabel listrik harus disembunyikan supaya tidak dapat dijamah oleh kelinci. Kabel dapat diselebungi dengan pipa pvc.
Berikan kelinci anda banyak perhatian, kunyahan yang aman dan mainan untuk memalingkannya dari mengunyah furnitur anda. Kotak kardus yang penuh dengan jerami hay dapat menjadi kotak mainan yang tidak mahal. Kelinci muda berumur dibawah satu tahun lebih condong bandel dan membutuhkan lebih banyak batasan atau bunny proofing daripada kelinci dewasa.

Kelinci dan hewan lainnya

Kelinci dan kucing dapat hidup bersama kucing, seperti kelinci dan anjing yang santun. Anjing sebaiknya dilatih untuk mengerti perintah sebelum dipercaya dengan kelinci yang belari bebas dan pengawasan diperlukan untuk mengontrol niat(impulse) bermainnya anjing khususnya anak anjing. Menambah kelinci kedua paling mudah jika tambahannya adalah kelinci dewasa yang neteur dan lain jenis kelamin dan mereka bertemu untuk waktu yang singkat di daerah yang baru/asing untuk keduanya.

Masalah Kesehatan Utama

Penyumbatan Usus: Karena kelinci membersihkan diri terus menerus, mereka mengalami bola bulu (furball) seperti kucing. Tetapi tidak seperti kucing, kelinci tidak dapat memuntahkan bulu dan kebanyakan bulu yang tertelan dapat menyebabkan blockage yang fatar. Kelinci juga dapat mengalami kondisi serius yang dikenal sebagai stasis GI yang memiliki gejala-gejala yang sama.

Jika kelinci anda memperlihatkan penurunan nafsu makan dan ukuran kotoran, segara periksakan ke dokter hewan.
Pencegahan: Sisirlah selalu kelinci anda supaya bulu yang tertelan menjadi sedikit; sediakan waktu olah raga paling sedikit 30 jam per minggu; berikan jerami hay baru setiap hari; tambahkan sayuran segar ke makanannya secara bertahap; berikan petroleum laxative selama masa bulu rontok banyak atau sesuatu telah ditelan.

Keseimbang bakteria: Jalur pencernaan kelinci ditinggali oleh bakteri yang sehat. Jika keseimbangan “bakteri baik” ini dirusak oleh makanan busuk atau perubahan makanan yang tiba-tiba, bakteri berbahaya dapat mengambil alih jalur pencernaan dan dapat membunuh kelinci anda.
Pencegahan: Jagalah makanan kelinci anda di tempat yang kering dan perubahan makan harus dilakukan secara bertahap dengan memberikan makanan baru sedikit demi sedikit. Jika tidak suara perut atau kotoran yang hancur dalam 24 jam, makanan baru dapat diberikan lagi. Jika kelinci anda keluar rumah, singkirkan pestisida dan tanaman beracun bagi kelinci.

Bakteri Infeksi: Kebanyakan penyakit kelinci disebabkan oleh bakteri bukan virus dan dapat disembuhkan dengan perawatan antibiotik. Jika kelinci anda memperlihatkan gejala pilek, segera bawa ke dokter hewan yang tahu tentang antibiotik yang aman dipakai untuk kelinci. Obat minum dari keluarga penisilin seperti Amoxicillin sebaiknya tidak diberikan ke kelinci, karena beresiko menghancurkan bakteri perut yang baik.

Tergantung anda
Cari dokter hewan yang berpengalaman sebelum masalah terjadi. Jika kelinci anda diserang oleh predator, bawa dia ke dokter meskipun tidak ada luka yang terlihat.
Setelah selesai, andemkan kelinci dengan handuk basah atau es.
Periksa mata, hidung, telinga, gigi, berat badan, nafsu makan dan kotoranya secara rutin.

Tanda-tanda yang berbahaya
Jangan membuang waktu, bawa ke dokter segera jika anda melihat:
Diare dan tidak bertenaga
Tiba-tiba hilang nafsu makan dengan perut kembung dan bersuara.
Hilang nafsu makan dengan nafas berat
Hilang nafsu makan dengan hidung pilek
Kepala yang membelok
Tidak dapat menahan hajat (kencing basah dekat kaki)
Borok, benjolan atau pembengkakan di semua tempat
Perilaku yang tiba-tiba berubah

Daftar yang diperlukan
Tempat Tinggal
Kandang yang luas
Papan untuk beristirahat
Kotak toilet
Mangkok atau tempat makanan
Botol minuman
Mainan (kunyahan & toss)
Kandang pembawa


Tempat Bermain
Dalam ruangan:
Ruangan bunny-proof
Kotak Toilet
Mainan (kunyahan & dig)


Luar Ruangan
Pagar terbuka/serambi/kotak bermain(dengan lantai)

Konsumsi
Pelet terbatas setiap hari
Air bersih
Rumput kering (hay) atau jeramin (straw) untuk serat pencernaaan dan kunyahan
Sayuran dan buah segar (tambahan bertahap)
Barli dan Oat (dalam jumlah sedikit)
Kayu untuk kunyahan
Bermacama-macam Enzim (pembantu pencernaa)
Petroleum laxative (jika diperlukan untuk mengeluarkan bulu/rambut)


Grooming
Sisir kutu (flea comb)
Sikat rambut
Obat kutu
Gunting kuku


Persediaan
Litter bebas debu
Skop kotoran (pooper scooper)
Sapu dan pengki
Cuka putih (untuk kecelakaan kencing)
Penyedot debu tangan
Pemutih kaporit(chlorine bleach)
Koran bekas