Selamat Datang di Blog Tips Memelihara Hewan Peliharaan

Rabu, 28 April 2010

Tips Merawat Kura-kura Brazil

1. Pertama-tama kenali kura2 kamu dengan cara:
Cari tau dia tuh cowok atau cewek,,kalo dari yang saya baca2 dari berbagai sumber sih cirinya tuh kalo yang jantan memiliki cakar yang lebih panjang di kaki depannya. Kloaka pada betina lebih dekat ke tempurungnya daripada jantan.


2. Siapkan tempat tinggal yang kondusif
Tujuannya apa? Supaya kura2 tersebut merasa nyaman seperti tinggal di rumahnya sendiri,,hehe,,,. Ngga sih, maksudnya kita harus menyiapkan tempat tinggal yang sesuai dengan kebutuhan si kura2 tersebut. Kalo kura2nya kecil ya tempatnya yang kecil juga ngga kenapa2 tapi kalo kura2nya udah besar tempat tinggalnya juga harus lebih besar, tapi bagusnya siapkan tempat tinggal yang luas supaya pertumbuhannya juga lebih cepat.
Layout tempat tinggalnya harus terdiri dari daerah yang berisi air dan daerah daratan karena kura2 butuh daerah kering ketika ingin berjemur.
Untuk menjaga kebersihan tempet tinggal kura2, maka sebaiknya tempat tinggal/aquarium kura2 dibersihkan 2 hari sekali, sehari sekali lebih baik. Hal ini harus dilakukan kerena kura2 hidup di air, makan di air dan buang air di air, maka jika air di aquariumnya sudah tidah bersih maka akan berdampak pada kesehatan kura2 juga.
3. Makanan yang menunjang pertumbuhan
Seperti merawat hewan peliharaan yang lain, makanan juga merupakan hal yang penting untuk membantu pertumbuhan kura2.
Sekarang anda sudah bisa mendapatkan makanan untuk kura2 di toko2 yang menjual makanan ikan dan kura2.
4. Perlakuan positif
Ingat, kura2 merupakan makhluk hidup, jadi jangan di maenin kaya maenan aja. Perlakukan mereka secara beradab.
Lakukan : Jemur beberapa jam sehari di bawah sinar matahari karena akan membantu pertumbuhan tempurungnya, kasih makan tiap hari, bersihin tempat tinggalnya.
Jangan Lakukan : ngobok2 air di tempat tinggalnya, nyuekin (ga ngasih makan, ga bersihin aquariumnya)

3 komentar:

Anonim mengatakan...

bg mn cara bedain kura2 jantan ma betina biar lebih detail lg...?? mslhx penjelasan di atas kurg jelas.. trus klo untuk yg mau bertelur bg mn ngurusx...??

Nandine mengatakan...

Saya baru beli 2 ekor kura-kura Brazil...lucu sekali
Saya ingin tanya mengenai kebutuhan pencahayaannya?? karena saya taruh aquariumnya di dalam ruangan.

Anonim mengatakan...

yang saya tahu... ngebedain jantan ma betina... liat aja bagian bawahnya... punggung bawah... kalau legok ke dalam berarti jantan, kalo rata berarti betina